Surat cinta adalah sebuah ungkapan perasaan seseorang terhadap orang lain yang menyatakan perasaan sayang atau cinta kita kepada kekasih / pacar. Sebelum teknologi berkembang seperti sekarang, dahulu Surat Cinta merupakan media utama untuk menyampaikan perasaan.

Untuk mengenang era surat cinta yang dahulu masih digunakan ayah dan ibu kita, Saat ini Surat Cinta digunakan dalam dunia pendidikan seperti sekolah dan kuliah pada acara Ospek surat cinta tersebut dikirim dari seorang junior ke senior.

Berikut Contoh surat Cinta yang Simple untuk Senior dan Panitia Ospek:

{tocify} $title={Table of Contents}

1. Surat cinta untuk kakak senior laki-laki Di sekolah


Yogyakarta, 4 Mei 2019

Dear Kakak kelas,
Heri Setiawan.

Sebelumnya perkenalkan nama saya Santy Hartika, saya adalah salah satu dari sekian banyak calon siswi baru di sekolah ini yang mengikuti kegiatan ospek.

Meskipun kakak belum mengenal saya, tetapi saya cukup mengenal kakak karena saya sering memperhatikan kakak diam-diam. Saya sering memperhatikan kakak saat tersenyum saat kakak marah-marah kepada teman-teman, dari seringnya saya memperhatikan kakak entah mulai dari mana mulainya tumbuh berkembang hingga berbuah rasa kagum ini menjadi buah-buah cinta.

Senyum kakak yang imut dan mempesona membuat saya tak bosan untuk  memandangnya, marah kakak yang tegas tetapi sedikit lucu semakin membuat jantung ini berderu tak menentu. Kak, bolehkah kalau saya ingin mengenal kakak lebih jauh?

Salam rindu,


Santy Hartika.

2. Contoh surat cinta singkat untuk panitia Ospek


Untuk Kakak Senior yang Senyumnya Manis,
Heri Setiawan.

Hai kak!
Tau nggak kakak? kalau setiap kakak tersenyum itu serasa ada yang berdetak kencang dari dalam hatiku. Bingung sebenarnya rasa apa yang terjadi, tapi yang pasti ini semua karena ada kakak. Aku tau ini mungkin pertemuanku yang pertama, tapi aku harap ini bukan pertemuan terahir kita kak. Kak, boleh bertanya?  kenapa sih kakak itu bisa manis (^_^) Hee…hee, maaf kak pertanyaanku sedikit aneh. Aku baru ngerasain cinta pertama itu setelah ketemu kakak.

Semoga kakak tidak terganggu dengan surat ini dan mau membalasnya.

Salam manis,

Santy Hartika.

3. Surat Cinta untuk kakak senior Perempuan Ospek kuliah


Yogyakarta, 4 Mei 2019

Kepada pemanas Hati
Santy Hartika.

Jujur, saat pertama bertemu tiada yang aneh dalam hatiku.Kulihat kakak suka marah-marah seperti senior lain. Namun setelah mengenal kakak, semua rasa ini berubah menjadi panas.

Panas, jika kakak tertawa dengan orang lain. 
Panas, jika melihat kakak sedang sendiri.
Panas, Jika kakak terlihat sedih.

Saat ini kuberanikan diri tuk meluapkan isi hati, karna aku ingin menghapus sedih kakak tertawa bersama kakak dan menemanimu setiap saat karna aku sayang sama kakak.

Kuharap kau membalas sepucuk suratku ini, dengan berita yang menyejukan hati, dapat menjawab semua gelisah hati selama ini.

Kutunggu jawabanmu, wahai wanita pemanas Hati.

Yang selalu sayang,



Heri Setiawan.

4. Contoh surat cinta sopan dan halus untuk senior Perempuan


Dear Kakak Kelas
Santy Hartika.

Hai Kak, Apa kabar?
Saya harap kakak selalu sehat dan tetap cantik ya kak.

Perkenalkan kak, namaku Heri Setiawan, adik kelas yang selama ini mengagumi kakak. Beneran Loh kak, pertama kali masuk sekolah, aku sudah melihat kakak dan merasakan ada yang berbeda dengan kakak. Aku tidak tahu persis apa itu, namun yang pasti aku suka melihat kakak.

Saya harap kakak mau membalas surat ini ya kak. Saya tidak banyak berharap banyak. Namun yang pasti saya ingin kita lebih saling mengenal dan lebih dekat. Terimakasih kak sudah mau membaca suratku berharap kakak berkenan untuk membalasnya.

Dari Adek Kelasmu,

Heri Setiawan.

5. Contoh surat cinta untuk senior kampus singkat


Dear Kakak Senior,
Heri Setiawan.

Selama pagi Kakak Cakep,

Perkenalkan nama saya Santy Hartika, junior yang baru saja kakak ospek saat masuk kampus. Sejak pertama kali aku masuk kampus ini, rasanya hanya kakak yang bisa membuatku berpaling dari kakak kakak ospek yang lain.

Dan sekarang saya sudah yakin jika saya memang jatuh cinta pada kakak. Namun saya hanya berharap agar kakak memberiku kesempatan membahagiakan kakak, walaupun aku memang bukan orang yang sempurna atau mungkin tidak sesuai dengan kriteria kakak. Namun aku pasti bisa menjaga rasa cintaku ini hanya untuk kakak dan berjanji untuk setia sama kakak.

Terimakasih sebelumnya kak sudah bersedia membaca suratku ini, dan kuharap kakak membalasnya, menjawab apa yang saya rasakan ini.

Dari Junior
Yang Mencintaimu,

Santy Hartika.

6. Surat cinta untuk kakak pramuka atau bisa juga dijadikan Surat cinta untuk senior paskibra


Untukmu kakak senior di Pramuka, kak Santy Hartika yang kusayangi,

Perkenalkan kak, aku Heri Setiawan, siswa kelas 1 yang baru masuk kemarin di sekolah kita.

Sebenarnya aku malu kak untuk menulis surat ini. Tapi saya mencoba dan memberanikan diri untuk menuliskan apa yang ada di dalam pikiran saya.

Menurutku, kakak memiliki kepribadian yang sangat baik. Kakak selalu tersenyum, dan senyuman kakak itulah yang membuat saya selalu merasa tenteram dan tenang, juga akhirnya membuat saya suka sama kakak. Tapi itu masih hanya sebatas suka saja.

Semakin kesini, ternyata perasaan suka itu berubah menjadi rasa cinta. Ya, aku telah jatuh cinta sama kakak, dan semua itu tanpa aku sadari. Rasa suka yang aku miliki ternyata sudah berubah menjadi rasa cinta sama kakak.

Sekian dulu suratku ini ya kak, aku tunggu balasan dari kakak.

Junior yang mencintaimu,

Heri Setiawan.

7. Contoh surat cinta untuk kakak senior laki-laki singkat yang bisa dijadikan Surat buat kakak senior terbaik


Untuk Kakak Kelas Terganteng
Heri Setiawan

Hai Kak,
Aku Santy Hartika, siswa baru di sekolah ini. Aku adalah adik kelas kakak yang baru mengikuti Ospek kemarin di kampus kita ini.

Saya pernah melihat kakak di depan ruang guru, dan sejak saat itu aku sudah merasa suka sama kakak. Awalnya aku tidak terlalu peduli dengan perasaan itu, namun lama – lama rasa itu semakin menjadi dan aku jatuh cinta sama kakak.

Sekian dulu suratku ini ya kak. Aku tunggu balasan dari kakak, apapun jawaban yang akan kakak berikan untukku. Namun yang pasti, aku berharap agar kakak memberikan tempat di hati kakak untuk aku.

Juniormu,

Santy Hartika.

Nah, Itulah Contoh surat Cinta Simple untuk Senior dan Panitia Ospek, Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman yang sedang menjali Ospek